300x250 AD TOP

Thursday 12 February 2015

Tagged under:

Peluang Aceh Kembangkan Ekonomi


Peluang Aceh Kembangkan Ekonomi
PETA KERAJAAN ACEH DULU SEKALI (Sumber,ekspresikecilku.blospot.com)
Darussalam, Edev-Kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki Provinsi Aceh merupakan suatu anugerah yang dimiliki negeri yang berjuluk Serambi Mekah ini. Namun kekayaan tersebut terasa sangat tidak memberi efek apapun bagi perekonomian masyarakat Aceh jika tidak mampu dimanfaatkan dengan baik. Seperti kita ketahui Aceh saat ini mengantongi peringkat ketujuh sebagai provinsi termiskin di Indonesia dengan tingkat kemiskinan sekitar lebih 20 persen, tentu ini tidak sesuai dengan kekayaan alam yang melimpah di bumi Aceh. Dalam mengatasi masalah tersebut, Pemerintah Aceh merupakan aktor utama yang harus berfikir secara maksimal dalam pemanfaatan keuntungan alam maupun tenaga kerja yang dimilik Aceh. Pemerintah Aceh harus mampu mengelola kekayaan alam Aceh menjadi sesuatu yang bernilai sehingga dapat di ekspor keluar daerah maupun keluar negeri yang memberi keuntungan.

Undang- Undang no 4 tahun 2009 Tentang pelarangan ekspor mineral mentah yang dikeluarkan Pemerintah Indonesia merupakan peraturan yang tepat bagi Aceh yang sudah terlena akan ekspor mineral mentahnya. Padahal ekspor bahan mentah ini tidak selamanya baik, karena  sebenarnya bahan mentah yang mampu diolah sendiri dapat memberikan nilai tambah yang lebih menguntungkan bagi perekonomian Aceh. Peningkatan teknologi serta pengetahuan teknologi menjadi kunci utama dalam mengelola bahan mentah menjadi lebih bernilai lagi.

Pemerintah harus mengembangkan ekonomi kreatif agar produk-produk yang dihasilkan dari Aceh dapat menarik perhatian pihak luar sehingga ekspor barang-barang Aceh meningkat.Pemerintah Aceh juga harus mampu meningkatkan motivasi bagi masyarakat agar tidak enggan dalam membuka usaha, karena selama ini mainset masyarakat Aceh selalu berpatok pada profesi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terbatas. Hal ini dapat dilakukan dengan memberi pelatihan serta bantuan bagi masyarakat dan melakukan kampanye terahadap peluang-peluang usaha yang prospek bagus. Semakin banyak munculnya usaha-usaha baru maka semakin banyak pula lapangan kerja yang tebuka, sehingga hal ini dapat menekan jumlah pengangguran sekaligus kemiskinan di Aceh.

Selain itu Pemerintah Aceh mesti melakukan kampanye akan keamanan berinvestasi di Aceh. Provinsi Aceh yang merupakan daerah bekas konflik tentu berdampak pada ketakutan bagi orang luar yang ingin berinvesatasi di Aceh. Ketika Pemerintah Aceh mampu meyakinkan pihak luar untuk berivestasi dengan jaminan keamanan yang diberikan tentu akan memberi dampak positif bagi perekonomian Aceh.

Kamis, 12 Februari 2015

Penulis: Tajul Ula

0 comments:

Post a Comment