300x250 AD TOP

Friday 13 February 2015

Tagged under:

Ekonomi Kreatif Kunci Pertumbuhan Ekonomi

ekonomi kreatif
ekonomi kreatif (Sumber, farelakbar.blogdetik.com)

Banda Aceh, Edev-  Era modern yang kita rasakan saat ini merupakan era dimana kemajuan perekonomian suatu negara tidak hanya ditentukan oleh sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang dimiliki. Namun yang terpenting adalah bagaimana suatu negara bisa memanfaatkan teknologi maupun inovasi-inovasi kreatif sehingga bisa menambah pundi-pundi devisa negara.

Istilah ekonomi kreatif sendiri mulai populer sejak tahun 2001. Ada beberapa istilah dalam penyebutan ekonomi kreatif seperti industri kreatif, ekonomi budaya, ekonomi intelektual, ekonomi konten, dan lainnya. Menurut John Howkins yang merupakan penulis dari Inggris, menyebutkan ekonomi kreatif terdiri dari 15 cabang industri yang terkait bidang seni, desain, sains, dan teknologi. Bagi negara seperti Indonesia yang kaya akan SDA, SDM, serta budayanya tentu bukan hal yang mustahil untuk mengembangkan ekonomi kreatif yang berperan besar dalam menyumbang devisa negara serta mengurangi pengangguran.

Ada beberapa negara yang berhasil membuat sektor ekonomi kreatif berkontribusi besar terhadap PDB, seperti Amerika Serikat (11,12%), Thailand (9,5%), dan Korea Selatan (8,67%), (academia.edu, dan cdc-ccd). Angka diatas tentu merupakan angka yang besar dalam menyumbang kekayaan negara.

Dalam era ini yang sedang menjadi  sektor utamanya adalah sektor
fashion, seni, film, musik, dan arsitektur. Seperti hal yang dilakukan oleh Korea Selatan yang mengembangkan sektor musiknya yang kita kenal dengan K-Pop yang tidak hanya mempengaruhi masyarakat dunia dengan musiknya saja, namun efek dari itu budaya, seni, film serta fashion ala Korea pun semakin digandrungi oleh kaula muda yang tersebar diberbagai negara.
Studi kasus terdekat adalah nagara Tahailand yang berhasil mengembangkan industri kreatifnya sehingga berdampak baik bagi pertumbuhan ekonominya. Dimana Thailand di tahun 2008 telah mengekspor lebih dari US$ 13 miliar produk kreatif  yang menghasilkan lebih dari 1 triliun baht (sekitar 360 triliun rupiah) melalui 875 ribu tenaga kerja untuk sektor tersebut, ini juga mengartikan satu orang pekerja kreatif Thailand menghasilkan lebih dari 411 juta rupiah per tahun (di tahun 2008).
Bila dibadingkan dengan Indonesia, pada tahun 2013, satu orang pekerja kreatif Indonesia menghasilkan sekitar 54 juta rupiah per tahun. Angka ini hampir 8 kali lipat lebih rendah dibanding Thailand. Dengan alasan tersebut Thailand mengantongi peringkat ke-17 sebagai negara pengekspor produk kreatif terbesar di dunia.
Melihat potensi yang dimiliki Indonesia, tentu ekonomi kreatif apabila dikembangkan dengan maksimal, Indonesia bisa jadi negara dengan pengekspor produk kreatif terbesar di dunia yang juga akan memberi sumbangsi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Sebagai contoh, kita bisa melihat letak geografis dan kekayaan alam indah yang dimiliki Indonesia, tentu ini hal tersebut perlu dieksplorasi agar menyerap wisatawan asing. Oleh karena itu, Indonesia dalam mengembangkan ekonomi kreatif yang optimal maka beberapa hal yang harus dilakukan pemerintah.

1.     Mengoptimalkan pengembangan industri.
2.      Pengembangan konten, kreasi, dan teknologi kreatif yang harus ditingkatkan.
3.      Melakukan perluasan dan penetrasi pasar bagi produk dan jasa kreatif di dalam dan di luar negeri.
4.      Memperkuat institusi ekonomi kreatif.
5.      Mengoptimalkan pembiayaan pelaku sektor ekonomi kreatif.
6.      Mengoptimalkan Pengembangan sumber daya ekonomi kreatif.

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 menjadi momentum bagi Indonesia dalam mengembangkan ekonomi kreatif yang tentu sangat menguntungkan. Akan terasa sangat rugi apabila Indonesia dengan segala kekayaan yang dimiliki tidak bisa mengembangkan industri kreatif yang memiliki prospek besar dalam mengembangkan perekonomian nasional. Maka dari itu, menjadi tugas pemerintah untuk mengembangkan ekonomi kreatif atau tidak Indonesia hanya menjadi penonton dalam era MEA.
Jum’at, 13 Februari 2015
Penulis: Tajul Ula

6 comments:

  1. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly

    ReplyDelete
  2. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    ReplyDelete
  3. Kami CREDIT FINANCIAL GROUP memberikan kredit / pinjaman kepada semua klien terhormat kami yang telah kehilangan harapan untuk mencapai kemandirian finansial bahkan dengan nilai nol kredit Anda bisa menjadi dermawan kaya saat Anda melalui layanan keuangan yang akan kami berikan kepada kamu. Lupakan tentang kedatangan singkat finansial yang telah Anda hadapi dengan fokus pada kami dan kami meyakinkan dan menjamin bahwa tidak ada yang bisa menyamai kehidupan kredit Anda saat pinjaman Anda telah dicairkan dalam waktu sesingkat mungkin karena semua proses kami sangat fleksibel dan ramah Harap hubungi kami segera melalui email kami: [creditfinancialgroup01@gmail.com] BBM-INVITES={DDA46523}

    ReplyDelete
  4. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Kabar baik!! pencari pinjaman !!!

    Nama saya Alfred Daniel Nehemia dari bali Indonesia, roti CEO Daniel Bakery, Pertama-tama saya akan mengatakan bahwa Tuhan harus memberkati Lady jane karena mengenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang jujur ​​dan halal sehingga saya benar-benar percaya bahwa Anda memberi tahu rekan kerja bahwa saya mempunyai Ide bagus untuk memulai bisnis sendiri karena mendapat pekerjaan tidak mudah jadi saya pergi ke bank untuk mendapatkan pinjaman (Rp800 juta) tapi mereka semua meminta uang muka sebesar jumlah pinjaman saya tapi satu-satunya properti yang saya miliki adalah motor. Sepeda, yang membuat saya merasa kecewa
    Jadi saya mencari perusahaan pinjaman online tapi kebanyakan menipu dan menipu, saya hampir kehilangan harapan dan kepercayaan diri sampai saya membaca artikel tentang lady jane tapi saya tidak sempat menutup tapi membaca artikelnya jadi saya mencoba pencarian online lain yang disebut craigslist. org dimana saya melihat iklan perusahaan Dangote Loan jadi saya memutuskan untuk melamar dan menghubungi lady jane juga

    Dangote Loan Company memberikan pinjaman dengan tingkat suku bunga 2% dan tidak kurang dari Rp20 juta

    Saya mengikuti prosedur di sana, memberikan semua yang diminta, saya juga sangat takut, tapi untuk kemuliaan tuhan, doaku dijawab dan uang pinjaman saya ditransfer ke saya tanpa masalah.

    jadi jangan buang waktu anda kontak Dangote perusahaan pinjaman Via dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Anda juga bisa mencari di google untuk informasi lebih lanjut, ini nyata dan sangat nyata atau hubungi saya juga melalui email di alfreddaniel324@gmail.com dan juga di BBM: 7AEA8FA5

    ReplyDelete
  6. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

    Terima kasih semua.

    ReplyDelete