300x250 AD TOP

Thursday 22 May 2014

Tagged under:

Pergerakan Rupiah Kembali Ditentukan Isu Global

Pergerakan Rupiah Kembali Ditentukan Isu Global
Gambar : www.waspada.co.id
Darussalam, Edev - Pergerakan rupiah hingga pagi tadi Kamis (22/5/2014)  masih dihantui oleh pelemahan. Karena setelah  pengumuman pasangan calon presiden dan wakil presiden mendatang, sentimen-sentimen  eksternal akan kembali mempengaruhi nilai tukar rupiah.
 
Pertamakalinya The Fed selaku Bank Central Amerika Serikat mengisyaratkan secara detail niat untuk perencanaan keluar dari kebijakan moneter longgar. Menurut riset yang dilakukan Samuel Sekuritas Indonesia,  tanda dinaikkannya suku bunga acuan Federal Reserve dalam waktu dekat belum terlihat.Hingga dini hari tadi, Dollar Index dan yield US Treasury naik tipis dalam 10 tahun terakhir  . Indeks manajer pembelian (Purchasing Manager Index) yang diperkirakan masih akan di kisaran 48  adalah data yang ditunggu oleh investor pada pagi ini.
 Hingga sore kemarin, mengikuti arus global, rupiah terus melemah  . Euforia politik yang hilang berdampak pada rupiah yang kembali dikendalikan isu global dan fundamental ekonomi.
 
 Risiko pelebaran defisit anggaran saat ini, isu peluang dinaikkannya harga BBM bersubsidi bermunculan kembali . Ruang pelemahan rupiah masih ada dengan data China yang tengah dinantikan pagi ini.

Sumber Isu : Kompas.com
Editor : Tajul Ula








0 comments:

Post a Comment