300x250 AD TOP

Tuesday 8 April 2014

Tagged under:

Anomali Pergerakan IHSG jelang Pemilu


Anomali Pergerakan IHSG jelang Pemilu
Foto/Waspada.co.id

JAKARTA,  Dilansir KOMPAS.com, Jelang Pemilihan Umum Legislatif 9 April mendatang, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak tak beraturan . IHSG tampak naik sebesar 1,29 persen ke level 4.921,03 pada Senin (7/4/2014). Akan tetapi, pergerakan IHSG dikategorikan anomali. Karena penurunan bursa regional .
 
 Analis BNI Securities Thendra Chrisnanda, menilai, pergerakan IHSG  berlawanan dengan indeks regional lainnya. Nihilnya data makro positif " aktor" penggerak utama IHSG. Thendra menyimpulkan, sentimen menjelang pemilu legislatif adalah penyebab pergerakan IHSG  . Pasar mulai optimistis, partai yang terpilih akan sesuai dengan ekspektasi.

Thendra mengatakan, tidak  menutup kemungkinan, IHSG akan langsung bergerak ke level 5.000.  Dan yang perlu ditekankan, 
undamental ekonomi dalam negeri atau luar negeri bukan merupakan dasar pergerakan IHSG tersebut . Pergerakan indeks hanya terhembus dari euforia sesaat Pemilu yang notabene masih rentan koreksi.

Thendra juga mengingatkan,  bahwa pasar juga tengah menanti hasil keputusan The Fed mengenai stimulus. Jika pemotongan stimulus dilakukan lebih cepat, bakal ada potensi jual yang masif. "Sehingga, IHSG sebenarnya rawan koreksi, bisa terbenam dari isu global," ujarnya.

Sementara
Analis First Asia Capital, David Sutyanto, juga mengatakan hal yang sama, pergerakan IHSG terlampau cepat jelang Pemilu. Kondisi pasar global yang masih menurun, dan peningkatan IHSG ini diprediksi tidak akan bertahan lama. Namun setelah Pemilu Legislatif usai, IHSG memiliki peluang kembali ke level yang wajar yaitu di kisaran 4.800.

"Sebenarnya level rasional IHSG saat ini di 4.800. Kenaikannya terlalu cepat," Ujar David.


Sumber Isu : Kompas.com
Penulis : Narita Indrastiti
Editor : Tajul Ula .






0 comments:

Post a Comment